Kamis, 29 November 2012

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Saat ini jejaring sosial sangat membantu manusia di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Situs jejaring sosial yang sedang marak di akses saat ini adalah facebook dan twitter, situs-situs tersebut tidak hanya diakses oleh kalangan muda tetapi diakses juga oleh para kalangan dewasa bahkan lansia untuk bernostalgia dengan teman-teman di masa lalunya. Tidak sedikit dari masyarakat dunia yang menjadi addicted dengan situs-situs jejaring sosial tersebut, salah satu syarat seseorang dikatakan naddicted dengan jejaring sosial adalah apabila ia mengakses situs tersebut maksimal 14 jam per minggu, sedangkan kebanyakan masyarakat dunia mengakses situs-situs tersebut bisa sampai 6 jam perhari.
Sebenarnya jejaring sosial diciptakan untuk mempermudah masyarakat berkomunikasi dan menjadi bahan refreshing setelah lelah bekerja ata belajar seharian namun pada kenyataannya jejaring sosial malah menimbulkan banyak dampak negative untuk masyarakat, diantaranya terjjadi pertengkarang di dunia maya hanya karena saling sindir menyindir melalu status maupun tweet, ada juga yang terjerat hokum karena statusnya dianggap merusak nama baik seseoorang, bahkan sekarang sedang marak-maraknya kasus keteledoran orang tua untuk merawat dan menjaga anaknya karena asyik berfacebookan ria.
Kesimpulan
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Jejaring sosial membantu individu untuk berkomunikasi dengan seluruh masyarakat dunia, menambah informasi terbaru, dan merefresh pikiran yang penat namun jejaring sosial juga mengandung banyak dampak negative untuk individu yaitu membuat individu ketergantungan dengan jejaring sosial sehingga melupakan norma-norma yang berlaku dan melupakan kewajiban-kewajiban mereka.
Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar