Selasa, 06 November 2012

Metode Pengalamatan di Internet


Agar tiap-tiap komputer yang terhubung dengan jaringan Internet ini dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya diperlukan suatu tata cara pengalamatan pada jaringan komputer Internet ini, yang sistemnya hampir sama dengan tata cara pengalamatan nomor telepon dimana setiap telepon mempunyai nomor telepon yang unik.
Salah satu fungsi  pengalamatan di Internet, adalah untuk keperluan Web dan untuk keperluan e-mail. Untuk keperluan Web, alamat Internet sering disebut URL (Uniform Resource Locator) dan biasanya ditulis dalam susunan seperti berikut: 
protokol: //domain/direktori/file
Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ alamatnya haruslah unik dan tidak boleh ada yang sama. Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32-bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan oleh titik. Pada zaman ini banyak ditemukan konsep baru yang memungkinkan satu IP dipakai oleh lebih dari satu komputer.
Contoh: 192.15.0.1
IP dalam TCP/IP merupakan mekanisme untuk memberikan  alamat bagi komputer-komputer di Internet.
Menentukan tata cara komunikasi haruslah menggunakan protokol. Protokol yang sering digunakan adalah http, https, ftp. 
Domain adalah nama server/komputer yang menyediakan layanan. Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet. Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang , permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC).
Direktori  merupakan folder tempat penyimpanan informasi. 
File-file yang disimpan merupakan file-file yang tidak harus dituliskan.
Alamat Internet terdiri dari dua bentuk yaitu:
• alamat  yang dimengerti oleh mesin (dinyatakan sebagai angka)  contoh : 203.130.230.3
• alamat yang dapat digunakan orang dengan mudah (dinyatakan sebagai kata) contoh: www.google.co.id
Alamat IPv4 terbagi menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:
• Alamat Unicast, merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah internetwork IP. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one.
• Alamat Broadcast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-toeveryone.
• Alamat Multicast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many.
Kesimpulan
Pengalamatan internet memudahkan manusia untuk berhubungan dengan sesama pengguna internet di seluruh dunia. Pengalamatan di internet sangatlah unik sehingga tidak ada alamat yang sama atau lebih dari satu. Protocol yang sering ditemui adalah http dan https.  Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ alamatnya haruslah unik dan tidak boleh ada yang sama. Alamat internet terdiri dari dua bentuk, yaitu alamat yang dimengerti mesin dan alamat yang dapat dimengerti dengan orang lain.
Daftar pustaka






Tidak ada komentar:

Posting Komentar