Selasa, 06 November 2012

Netiquette



Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet atau bisa diartikan juga sebagai aturanaturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia, sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini. Netiquette berasala dari dua kata yakni networks dan etiquette. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Internet memang tidak memiliki peraturan tertulis tentang etika berinternet namun sebagai makhluk social seharusnya manusia punya kesadaran akan batas-batas etika berinternet.
Dalam beberapa kasus pelanggaran etika berinternet dapat dibawa ke ranah hukum seperti kasus pelanggaran hak cipta dan penjiplakan misalnya, karena pada kasus tersebut hukum telah memiliki pasal-pasal yang dapat menjerat pelaku pelanggaran tersebut. Beberapa aturan yang ada pada Netiquette ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah mengupload data pribadi
3. Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :
a. jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan, karena dapat menyebabkan kita menjadi seorang plagiator.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit.
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan menjadi seorang stalker.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena akan menunjukkan ketidaksopanan penulis dan terkesan seperti orang yang sedang emosi.
 Aturan Inti Netiquette :
1.      Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Kita harus tetap memegang teguh bahwa kita adalah makhluk yang mempunyai perasaan jadi baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya kita harus tetap memperhatikan kosa kata karena apabila kita salah menggunakan beberapa kata saja kita dapat terjerak kasus hukum.
2.      Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buruburu menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.
3.      Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Janganlah terburu-buru member komentar pada suatu forum di dunia maya, lebih baik kita menganalisis terlebih dahulu arah pembicaraan sebelum kita mengambil kesimpulan agar tidak terjadi kesalah pahaman.
4.      Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Usahakan ketika anda bergabung dalam pembicaraan di sebuah group anda tidak OOT (out of topic) dan tetap berfokus pada pembicaraan yang sedang berlangsung.
Kesimpulan
Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet atau bisa diartikan juga sebagai aturanaturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia, sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini. Netiquette berasal dari dua kata yakni networks dan etiquette. Terdapat ebberapa aturan pada netiquette yang menjadi pedoman masyarakat agar tidak menjadi seorang plagiator apalagi sampai terbawa ke meja hijau hanya karena penulisan kata-kata dan kalimat di dunia maya yang menyinggung perasaan orang lain maupun yang merupakan hasil karya orang lain.
Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar